Minggu, 11 November 2012

Ayam-Ayam Kecil.......dan Nyasar

Foto favorit  dipost ini, walau background memang terlalu rame, tapi saya suka dengan komposisi dan ekspresi ayam-ayam itu.
Foto-foto ini diambil masih pada saat liburan Idhul Adha kemarin. Walau cukup singkat, liburan kemarin saya cukup banyak mengambil foto. Termasuk foto-foto yang di  post Semut-Semut Rangrang dan beberapa foto di post  Ladybug juga saya ambil pada saat periode itu. 
Walau banyak mengambil foto makro dengan lensa tambahan, saya juga mengambil foto-foto "biasa". Ya, salah satunya foto-foto Ayam-ayam ini.  Saya  memang  suka memfoto binatang, serangga, dan makhluk hidup lain. Karena dirumah ada banyak ayam-ayam, akhirnya mereka saja yang dijadikan model. Ya, ngga ada motivasi lain, saya lakukan ini untuk sekedar have fun saja....
Model saya kali ini adalah ayam-ayam kampung kecil, yang mungkin usianya 2-3 minggu. Foto ini di ambil saat sore hari, sekitar pukul 3. Cuaca sedang mendung, sehingga porsi cahaya cukup ideal untuk mengambil gambar. Karena foto dikandang sudah terlalu biasa(dan sulit juga mengambil di kandang sempit), saya coba set settingnya di persawahan, tidak jauh dari rumah. Saya bawa mereka ke lokasi, dan dilepas. Untuk beberapa saat, mereka dibiarkan, memberi waktu untuk melihat suasana baru di sawah. Dan satu persatu, gambar mereka diambil.
Kesulitan utama adalah mengatur mereka, tahu sendiri bagaimana sulitnya mengatur makhluk kecil seperti ini. Mereka aktif, bergerak kesana kemarin tidak bisa diam. Dengan beberapa cara saya sendiri, akhirnya saya bisa mengambil gambar mereka yang sedikit bagus, dan bercerita. 
Sebenernya saya ngga ngasih konsep apa-apa waktu ngambil gambar-gambar ini. Tapi begitu liat hasilnya, sepertinya cerita tentang ayam-ayam yang sedang nyasar cocok jadi tema post kali ini.  Suasana disana dan ekspresi  ayam-ayam seperti sedang bingung ini mendukung untuk memilih tema ini.  Oke inilah hasilnya : 

Melihat lingkungan sekitar, berusaha mencari tau  ada dimana sebenarnya dia.

Foto diambil dari jarak yang cukup dekat, dia sedang bingung mencari teman-temannya saat itu

Sama, sedang melihat lingkungan sekitar

Begitu dipisahkan dari temannya, ayam ini  mulai ribut dan panik

Berpose dulu, walau sedang nyasar

"Ah, Found The Way!"

Melakukan pencarian jalan, hati-hati melihat sekeliling



Bayangkan ini seperti poster serial "Lost"

Beberapa ada yang terjebak di keranjang merah, dia mesti mencari tau bagaimana cara ngeluarin mereka.


2 komentar:

  1. wahahaa...
    keren gan...
    bisa jrnih gtu..
    jepret pake apa gan..?

    itu sih bukannya ayam nyasar keg nya...
    tp emg diculik sama fotografer nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih gan :D, ini pake Hape Sony Ericsson Elm ngambilnya

      Haha...anggep aja nyasar...ngga keren kalo dibilang diculik :p

      Hapus