Senin, 29 Oktober 2012

Photo About Ladybug, Siklus Hidup Si Kumbang Berbintik

Nangkring di Jari
Dalam bahasa indonesia, makhuk ini mungkin lebih dikenal sebaga kumbang kepik. Berbentuk setengah lingkaran,  dengan motif bintik-bintik dan warna  yang menyolok. Warna, motif dan bentuknya membuat kumbang ini banyak terkenal. Selain menjadi obyek fotografi, motif dan warnanya juga banyak di tiru oleh aksesoris-aksesoris, motif baju atau alat-alat rumah tangga.

Serangga ini masuk dalam family Coccinellidae dan masuk di ordo Coleoptera, dengan ciri khas warnanya menyolok, berbintik-bintik dan memiliki sayap transparan yang dilengkapi penutup, seperti kumbang lainnya.Penutup sayap inilah yang memiliki saya menyolok, membedakan kumbang kepik dengan kumbang lainnya.
Karena punya warna menyolok ini, kumbang ini mudah untuk dikenali dan ditemukan. Saya sendiri sering menemukan kumbang ini saat hunting makro. Walaupun banyak menemukannya, tapi tidak banyak foto tentang kumbang ini yang berhasil. Biasanya dia bergerak terus, terutama saat didekati, membuat sulit untuk mengambil gambar yang fokus.

Berikut ini foto-foto kumbang kepik yang saya ambil, diambil menggunakan Sony Ericsson Elm + Lensa Makro bikinan sendiri.

Foto kumbang saat sedang senang-senang, nantinya si betina akan bertelur, sayang saya tidak punya foto telurnya
Foto ini mendapat award photo of the day dari pixoto.com
Setelah telur, serangga ini akan masuk pada tahap larva
kurang lebih larvanya seperti foto diatas, diambil di sekitar rumah saya, Baturraden

Setelah larva, kumbang akan menjadi pupa
Ini adalah penampakan pupa-nya, diambil di sekitar kos-kosan

Setelah dari tahap pupa, kumbang kepik akan keluar, menjadi serangga dewasa Saat pertama keluar, bintik dan warnanya belum keliatan.

Seperti inilah penampakan kalau sudah dewasa.


Tidak hanya yang merah, jenis yang bewarna hitam juga ada

Beberapa punya warna secerah ini dan motifnya bukan bintik-bintik
Memang, foto ini agak missfokus, tapi saya tidak mau bilan ini foto gagal
 Bonus


Versi BW dari foto pertama.

Jika tertarik dengan foto-foto disini, mohon tidak digunakan untuk kepentingan komersial. Dan jika mau digunakan untuk di tempatkan di tempat lain, bukan untuk tujuan komersial, silahkan ijin ke saya dulu....bisa melalui email, G+, atau sosial network lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar