Senin, 24 September 2012

Excavator Saat Parkir

Istirahat Saat Senja Hari



Alat berat ini mungkin cukup familiar bagi banyak orang. Namanya excavator,  digunakan untuk mengeruk dan menggali tanah atau apapun yang bisa di keruk. Alat ini biasanya ditemukan di tempat yang ada perbaikan jalan atau pembangunan gedung dan rumah. Untuk menggali tanah, meratakan, atau saya juga pernah menjumpai untuk menghancurkan bangunan. Dengan tekanan mencapai beberapa ton, udara di pompakan ke piston agar lengan-lengannya bergerak, jadi cukup kuat untuk menggali tanah, hingga menghancurkan tembok.

Mengenai foto "Istirahat Saat Senja Hari",  diambil saat sedang hunting sunset di daerah persawahan dekat kosan saya. Saat akan pulang, kira-kira menjelang maghrib, saya melihat ada 1  excavator yang sedang di parkir, tepat saat matahari akan terbenam. Di daerah itu, tanahnya sedang diratakan dengan menggunakan alat berat ini. Dan karena sudah sore, excavator  dibiarkan saja terparkir disana. Tidak ada orang yang menjaga, jadi saya lebih leluasa cari angle disana. Hasilnya, seperti terlihat pada gambar.


Mengeruk Tanah, bukan orang yang di depannya
Selain foto siluet, pada kesempatan yang lain, saya juga menemukan excavator lain di bawah tol Padalarang-Cileunyi tepatnya di jalan Buah Batu, Bandung. Saat itu sepertinya ada pembangunan jalan atau mungkin perbaikan. Dan melibatkan 1 excavator, yang bagi saya kelihatan seperti mainan, terutama bentuk dan komposisi warnanya. Atau cuman perasaan saya saja, entahlah.
Perbaikan ada jalan tol yang terletak diatas, saya foto dari jalan umum, jadi anglenya dari bawah. Excavator ini sama-sama sedang di parkir, tidak sedang bekerja. Walau begitu, di sekitarnya banyak pekerja-pekerja yang sibuk memperbaiki jalan.

Selain obyeknya sama, dua foto tersebut juga sama-sama diambil karena ketidak sengajaan. Saya tidak sedang berencana untuk mengambil obyek ini. Tapi karena menemukan obyek yang bagus, saya foto. Saat ini, pola seperti itu menjadi gaya fotografi saya. Mungkin banyak orang lain yang selalu mulai dari konsep. Tapi tidak semua orang punya banyak waktu untuk itu, jadi saat ini, cara menyalurkan hoby yang paling efisien ya dengan cara ini. Bawa kamera kemana-mana,  ambil gambar pada saat yang tepat, lalu bikin konsepnya. Yaa, kebalik memang, tapi ini paling applicable buat kondisi saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar