Senin, 10 September 2012

Hasil Foto Serangga Berkat Keberuntungan

Parking Bee


Pada post Bunga, Bunga Dimana-Mana, saya menyebutkan bahwa lebih mudah untuk mengambil gambar macro bunga, daripada serangga. Karena itu, cuma foto ini satu-satunya foto serangga yang agak berhasil. Saya sering hunting serangga, tapi hasilnya tidak ada yang memuaskan.
Lebih karena keterbatasan kamera, yang auto fokusnya lambat minta ampun, sementara tahu sendiri serangga geraknya bagaimana. Mata saja kadang sulit nangkep gerakannya.
Tapi bukan berarti tidak mungkin, kedua foto ini diambil memang ada unsur keberuntungan. Entah kenapa, si lebah diam waktu saya dekati. Saat sangat dekat, kurang lebih  jarak serangga dengan lensa kamera mencapai 2 cm, dia masih diam. Hingga akhirnya serangga bisa di tangkap di lensa, nyampe dua kali saudara-saudara. Dan hasilnya, ternyata lumayan tajam. Oia, perlu diketahui, itu bukan serangga mati, dia hidup.
Mungkin ada yang bertanya, memangnya ELM bisa fokus di jarak 2 cm? kalau dengan lensa telanjang, mungkin tidak, spesifikasi fokus ELM minimal 10 cm. Artinya jika kurang dari itu, obyek sudah tidak bisa di fokuskan. Saya menggunakan bantuan lensa jelly untuk melakukannya. Kinerjanya ternyata lebih dari yang saya harapkan.
Sebelum menemukan lebah ini, saya mencoba berkali-kali di lokasi hunting, tapi semuanya langsung terbang saat di dekati. Tapi pengecualian untuk lebah yang satu ini. Thanks mas lebah, engkau sangat ganteng di Xenografi, sungguh.

Versi portraitnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar