Selasa, 18 September 2012

Elm Melihat Ke Jendela

Melihat Jendela


Dynamic Range yang pada elm sempit membuat saya dengan mudah membuat foto siluet. Bahkan dengan sendirinya, ketika menyorot ke area yang ada sumber cahaya terang, seperti matahari atau lainnya, maka area bayangan di sekitarnya langsung menjadi siluet. Saya belum pernah membandingkan secara langsung dengan kamera lain sebenarnya, sejauh mana perbedaannya, tapi yang saya rasakan,  elm lebih mudah mensiluetkan hasil kameranya dibanding kamera dedicated, walau bukan dari cahaya langsung.  Karena sifatnya ini, saya banyak bereskperimen dengan siluet. Salah satunya adalah foto ini. 

Foto ini diambil di dalam ruangan perpustakaan, saat sore hari. Kebetulan memang matahari sore mengarah langsung ke jendela tersebut. Refleksi didapat bukan dari air, tapi meja. Posisi saya saat itu berada pada meja lesehan, dengan alas meja yang mengkilat. Sehingga situasinya saat cocok untuk membuat foto siluet dengan refleksi. Seperti yang terlihat di gambar tersebut. 

Tidak seperti mata kita yang bisa memiliki Dynamic Range yang lebar, mata kamera tidak bisa menangkap cahaya terang dan area bayangan yang lebih redup sekaligus. Saat itu, saya dengan mudah tetap melihat interior ruangan meski sedang melihat cahaya terang matahari.  Andai kemampuan mata kita terbatas seperti kamera elm, mungkin yang terlihat adalah seperti gambar tersebut. Sepertinya tidak terlalu menyenangkan.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar